SYARAT KISI-KISI YANG BAIK
1.Mewakili isi kurikulum yang akan diujikan.
2. Komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.
3. Soal-soalnya dapat dibuatkan sesuai dengan indikator dan bentuk soal yang ditetapkan.
KRITERIA KOMPETENSI/MATERI PENTING
1.Urgensi: KD/indikator/materi yang secara teoretis, mutlak harus dikuasai oleh siswa.
2. Kontinuitas: KD/indikator/materi lanjutan yang merupakan pendalaman materi sebelumnya.
3. Relevansi: yang diperlukan untuk mempelajari dalam bidang studi lain.
4. Keterpakaian: memiliki nilai terapan tinggi dalam kehidupan sehari-hari.
PENJABARAN SK/KD MENJADI INDIKATOR SOAL
1.Tingkat ketercapaian KD
2.Keterkaitan antara tiap komponen dan komponen yang mendahuluinya.
3.Urutan langkah-langkah antarkomponen.
SYARAT INDIKATOR SOAL YANG BAIK
1.Memuat KD/indikator/materi yang hendak diukur.
2. Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur (PG=1, Uraian/Praktik= lebih dari satu).
3. Berkaitan erat dengan indikator/materi.
4. Dapat dibuatkan soalnya
TEKNIK PERUMUSAN INDIKATOR SOAL
1. BILA SOAL TERDAPAT STIMULUS
Rumusan indikatornya:
Disajikan …, siswa dapat menjelaskan ….
Rumusan indikator:
A = audience
B = behaviour
C = condition
D = degree
2. BILA SOAL TIDAK TERDAPAT STIMULUS
Rumusan indikatornya:
Siswa dapat membedakan ….KATA KERJA UNTUK PG
DISARANKAN DIHINDARI | |
-Menentukan -Memahami -Menyebutkan (Tes lisan) -Mengerti -Menghitung -Mengetahui -Membedakan -Menuliskan -Menunjukkan -Mempraktekkan |
KATA KERJA UNTUK URAIAN
Disarankan dihindari
-Menuliskan -Memahami -Menjelaskan -Mengerti -Menghitung -Mengetahui -Menguraikan -Mendemonstrasikan -Memberi contoh -Mempraktekkan -… KATA KERJA UNTUK PRAKTIK
| - |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar