YAYASAN UMRONIYAH

Sabtu, 12 Maret 2011

supervisi guru

  1. Membantu guru dalam memahami tujuan pendidikan dan apa peran sekolah dalam mencapai tujuan tersebut
  2. Membantu guru dalam melihat secara lebih jelas dalam memahami keadaan dan kebutuhan siswanya.
  3. Membentuk moral kelompok yang kuat dan mempersatukan guru dalam satu tim yang efektif,   bekerjasama secara akrab dan bersahabat serta saling menghargai satu dengan lainnya.
  4. Meningkatkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya meningkatkan prestasi belajar siswa.
  5. Meningkatkan kualitas pengajaran guru baik itu dari segi strategi, keahlian dan alat pengajaran.
  6. Menyediakan sebuah sistim yang berupa penggunaan teknologi yang dapat membantu guru dalam pengajaran.
  7. Sebagai salah satu dasar pengambilan keputusan bagi kepala sekolah untuk reposisi guru.
  1. Supervisi Akademik
  1. Supervisi Administrasi
  1. Supervisi Lembaga
  1. Berkomunikasi dan berinteraksi secara positif dengan siswa
  2. Memperhatikan pertumbuhan sosial dan emosional siswa
  3. Menunjukkan kepedulian terhadap siswa dan mendengarkan segala masalah mereka dengan penuh perhatian dan empati
  4. Bekerjasama dengan baik dengan semua staf
  5. Menjaga hubungan yang positif dengan orang tua dan orang lain di lingkungan sekolah
  6. Menghormati dan dihormati oleh orang lain baik itu kolega dan orang tua
  1. Menggunakan pertimbangan-pertimbangan yang membangun dalam perencanaan dan perorganisasian pengajaran
  2. Menunjukkan pengetahuan yang luas mengenai perilaku siswa yang sesuai dengan usianya
  3. Menyusun pengalaman yang sesuai bagi perkembangan sosial siswa
  4. Menjaga espektasi yang tinggi namun realistis mengenai siswa
  5. Mengetahui/ menyadari kebutuhan khusus siswa dan berusaha untuk memenuhinya
  1. Memberikan kontribusi tujuan sekolah
  2. Berusaha melaksanakan visi dan misi sekolah
  3. Menunjukkan komitmen terhadap pertumbuhan siswa
  4. Melaksanakan tugas-tugas rutin tepat pada waktunya dan dapat dipercaya
  5. Menjunjung tinggi peraturan-peraturan dan tanggung jawab secara profesional
  6. Membantu dalam penyeleksian materi/ bahan pelajaran
  7. Tetap mengikuti arah dan aktivitas dalam wilayah kurikulum
  8. Berpartisipasi dalam aktivitas pengembangan staff
  1. Observasi formal merupakan alat penting dalam proses supervisi namun observasi informal dapat memberikan informasi yang tidak kalah penting seperti ketrampilan mengajar dan penampilan mengajar di kelas sehari hari
  2. Jika kita ingin melaksanakan observasi informal yakinkan bahwa guru mengetahui bahwa ini adalah kebijakan dari Anda
  3. Untuk observasi formal perlu dibuat laporan tertulis/ ringkasan sebagai feedback
  4. Untuk observasi informal biasanya feedback diberikan secara lisan atau dengan catatan kecil segera sesudah observasi informal dilakukan
  1. Membantu guru merefleksikan apa yang akan mereka lakukan atau dapatkan sebagai usulan ide-ide untuk pengajaran yang akan dilakukan
  2. Tujuan pertemuan ini adalah untuk menolong guru agar fokus pada materi yang akan diobservasi
  3. Menyelidiki apakah ada siswa dalam kelas yang memiliki perilaku yang harus diperhatikan secara khusus
  4. Membahas strategi dan teknik apa yang akan dipergunakan saat mengajar
  5. Menetapkan isi pelajaran, apa awal dan akhirnya
  6. Mendiskusikan harapan-harapan guru dan apa kekuatiran guru tentang pelajaran
  7. Menjelaskan apa peran Kepala Sekolah dalam observasi
  1. Kepala Sekolah harus tiba di kelas tepat waktu sesuai dengan jadwal yang disepakati
  2. Memberi salam kepada semua siswa
  3. Duduk di tempat yang nyaman untuk melakukan observasi (mampu mengobservasi semua interaksi yang terjadi antara guru dan siswa)
  4. Selama observasi, kepala sekolah dapat merekam percakapan antara guru dan siswa
  5. Kepala Sekolah harus ada di kelas sampai pelajaran selesai dilaksanakan
  1. Apakah pengajaran diberikan secara jelas kepada siswa dan sesuai dengan tujuan pengajaran yang dibuat oleh guru?
  2. Apa yang dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswa atau menciptakan rasa antusias siswa
  3. Apakah terlihat bahwa rencana pengajaran telah dipersiapkan oleh guru dengan baik
  4. Apakah penjelasan yang diberikan oleh guru cukup jelas
  5. Apa yang dilakukan guru untuk memaksimalkan partisipasi siswanya
  6. Apakah materi pengajaran dipergunakan dengan tepat
  7. Apakah jalannya pengajaran berlangsung terlalu cepat atau terlalu lambat
  8. Bagaimanakah guru memeriksa pemahaman siswanya
  9. Apakah teknik bertanya sudah dilakukan dengan tepat
  10. Apakah memonitor kemajuan siswanya
  11. Apakah nada positif/ antusias meliputi ruangan kelas
  12. Apakah manajemen kelas efekif
  13. Apakah masa transisi berlangsung dengan baik
  1. Catatan selama observasi tidak digunakan untuk mencari kesalahan. Catatan ini hanya digunakan untuk menulis apa yang sedang diobservasi
  2. Sesudah observasi selesai, berilah kata-kata positif kepada guru tentang pelajaran yang baru selesai diobservasi
  3. Sesudah berada dalam ruang kepala sekolah, barulah dibahas apa yang tertulis dalam laporan observasi
  4. Dalam laporan observasi perlu ditulis apa yang patut dihargai/ penilaian positif dari guru dan apa yang perlu diperbaiki dari guru atau bagaimana guru dapat mengembangkan pengajarannya.
  5. Dalam penulisan laporan observasi, perlu ketelitian, kepekaan dan profesionalisme dari Kepala Sekolah
  6. Selain itu, diperlukan persiapan waktu untuk menuliskan data yang akurat dan reflektif.
  1. Pertemuan sesudah observasi merupakan pertemuan yang sangat penting dan tak ternilai karena guru diikutsertakan dalam dialog yang profesional
  2. Dialog harus segera dilaksanakan sesudah observasi karena semua kejadian, strategi yang dipakai dalam mengajar dll masih segar dalam ingatan baik itu kepala sekolah maupun guru
  3. Perlu suasana yang positif dalam pertemuan ini
  4. Terima guru untuk masuk ruangan dan persilahkan untuk duduk
  5. Usahakan agar tidak ada gangguan ketika pertemuan berlangsung
  6. Mulailah pertemuan dengan memberitahu tujuan pertemuan, merayakan kesuksesan dan untuk meningkatkan pengajaran secara profesional
  7. Mintalah guru untuk menyampaikan perasaannya tentang pelajaran yang telah dilaksanakan, apakah pelajaran berlangsung dengan baik, bagaimana kesan siswa, apa yang masih perlu untuk diperbaiki
  8. Evaluasi pribadi/ refleksi adalah teknik yang berguna untuk mengembangkan diri secara profesional
  9. Dalam pertemuan ini ditinjau kembali semua tujuan pelajaran yang dibuat oleh guru. Apakah semua tujuan itu tercapai, apa yang telah dilakukan guru untuk mencapai tujuan tersebut.
  1. Guru yang berpengalaman
  1. Guru pemula
    1. Kunjungan Terjadwal
    2. Kunjungan Informal
    3. Kunjungan Formal
 mau download klik disini
instrumen supervisi akademik klik disini
instrumen supervisi skl disnii
instrumen kemampuan manajemen kepala sekolah disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar